Oleh: Pdt. Saul Simatupang

Atas kasih dan anugerah Tuhan Yesus Kristus dan setelah berembuk dengan Ketum, maka saya ditugaskan untuk mewakili MPHS untuk memimpin ibadah Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung GKKA INDONESIA Jemaat Donggala Cabang Tolitoli.

Jumat 11 Desember 2020 menjelang siang -bersama dengan Pdt. Ramelan Wibowo dan Ev. Ibrahim Nuki yang mewakili Majelis Jemaat GKKA INDONESIA Jemaat Donggala sebagai Jemaat Induk- kami berangkat dari Palu dengan pesawat Wings Air dan tiba di Toli-toli pada siang hari. Kami dijemput oleh Bpk Pdt. Demaskus selaku gembala sidang  bersama Bpk Aho selaku Ketua Panitia Pembangunan, dibawa langsung meninjau Lokasi Pembangunan gedung Gereja yang luasnya 804 meter persegi di Kecamatan Baolan. Nampak para tukang sedang mempersiapkan lokasi untuk acara besoknya Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Gereja.

Sabtu, 12 Desember 2020 diadakan Ibadah Peletakan Batu Pertama Pembangunan gedung GKKA INDONESIA Jemaat Donggala Cabang Toli-toli.  Jemat bersemangat ikut ibadah.  Acara peletakan Batu Pertama ini juga dihadiri oleh pihak Pemerintah Kabupaten Toli-toli yang diwakili oleh Bp. Salam P. Daimareanu, S.Pd.I (Kasubag. Tata Usaha Kemenag Kabupaten Toli-toli) dan Pdt. Desius Takahipe, S.Th (Pelasana Bimas Kristen Kabupaten Toli-toli). Kami sangat senang dan bersyukur atas kehadiran para undangan, antara lain: Pdt. Yonathan Sitinjak, S.Th (GBI), Pdt. Shinta Kolinug, S.Th (GPIBT) dan Pdt. Em. Ernest Pontolawokang (Pdt. Em. GMII).

Doa Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung GKKA INDONESIA Jemaat Donggala Cabang Tolitoli disertai dengan kesejukan hujan rintik-rintik. Tapi Puji Tuhan, tidak menghalangi acara. Acara tetap berjalan dengan baik dan lancar. Sebelum dalam peletakan batu pertama pembangunan oleh Pdt. Em. Saul Simatupang, di dahului dengan peletakan Copy Dokumen GKKA INDONESIA Cabang Toli-toli, baru disusul Peletakan batu pertama pembangunan. Puji Tuhan

Minggu, Tanggal 13 Desember saya hadir dalam Ibadah Minggu bersama dengan Jemaat GKKA INDONESIA Cabang Toli-toli. Karena Situasi Pandemi  dengan protokol Kesehatan, ibadah dihadiri sekitar 40 orang

Sorenya 13 kami bertolak dari Toli-toli kembali ke kota Palu dengan menumpang Bus Travel. Dikarenakan cuaca kurang bagus dan di beberapa tempat jalan mengalami kerusakan dan perbaikan, maka  perjalanan ditepuh sekitar 12 jam.  Kami tiba di kota Palu tanggal 14 Desember pagi tiba di Palu.

Malamnya pukul 18.30 Wita ada agenda MPHS melakukan percakapan bersama dengan MJ Palu dan Pdt. Kristanto, calon hamba Tuhan yang direncanakan akan melayani di GKKA INDONESIA Jemaat Palu. Saya mewakili MPHS mendampingi Ketum (yang menyusul hadir setelah menghadiri ibadah kedukaan di Sidoarjo)

Puji Tuhan pada tanggal 15 Desember saya kembali ke Surabaya, tiba dengan baik dan sehat. Terpujilah Tuhan yang telah menyertai dan memberkati pelayanan di Toli-toli.